BERJUANGLAH MASUK KE GERBANG ITU!!

Wuidiihhh….Judul Post nya ngeri ya Beloveds ^^ Dari Judul Post ini seharusnya Beloveds sudah mengetahui bahwa saya mengacu ke Perkataan Yesus di Kitab Injil. Perkataan ini tercatat di 2 Kitab Iinjil; yaitu di Kitab Matius dan Kitab Lukas.

MATIUS 7:13 “Masuklah melalui pintu yang sesak itu,karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya;

LUKAS 13:24 “Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: “Berjuanglah untuk masuk melalui pintuyang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

Ok, sebelum saya meluncur lebih dalam…sekali lagi saya ingatkan kepada semua Beloveds yang membaca Postingan ini untuk terus yakin bahwa SEMUA Firman-Nya adalah kebenaran yang kekal dan merupakan wujud Kasih-Nya yang tiada batas untuk semua anak-anakNya. Jadi apabila Beloveds mendapatkan suatu ayat atau pasal yang terasa “mengancam” rasa keselamatan Beloveds…STOP dulu! Jangan menginterpretasikan Firman itu dengan Hikmat pribadi. Sebelum Roh Kudus sendiri yang membukakannya, biarlah Beloveds kembali ke ayat2 yang Beloveds sudah paham jelas  seperti Yohanes 3:16 atau Roma 8:1. Dan terakhir, BIARKAN ALKITAB MENAFSIRKAN ALKITAB! Amin. Kembali ke Topik; Dengan sangat menyesal, saya memberitahukan kepada semua Beloveds bahwa Terjemahan Bahasa Indonesia untuk ayat ini kuranglah tepat (saya bilang kurang tepat, bukan salah). Sekarang mari kita lihat terjemahan King James-nya (Saya ambil dari Versi New King James, namun di Old King James pun tetap sama) :

MATTHEW 7:13 “Enter by the narrow gate; for wide is the gate and broad is the way that leads to destruction, and there are many who go in by it. …“

LUKE 13:24 “Strive to enter through the narrow gate, for many, I say to you, will seek to enter and will not be able.”

Ok, bagi Beloveds yang mengerti dan paham Bahasa Inggris sudah jelas ada penterjemahan yang kurang tepat di Alkitab Bahasa Indonesia. Pada Alkitab Bahasa Indonesia disebutkan “”PINTU”, sedangkan dalam Terjemahan King James disebutkan “GATE”  atau yang artinya adalah : “GERBANG”. Kita Fokuskan di ayat Lukas 13:24, selanjutnya di ayat yang ke-25 justru terjemahan Bahasa Indonesia nya lebih tepat :

LUKAS 13:25 “Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang”

Sekarang coba kita bandingkan dengan Terjemahan King James :

LUKE 13:25 “When once the Master of the house has risen up and shut the door, and you begin to stand outside and knock at the door, saying, ‘Lord, Lord, open for us,’ and He will answer and say to you, ‘I do not know you, where you are from,’ “

Sekarang mari kita simpulkan dengan Penterjemahaan Bahasa Indonesia yang lebih tepat melihat darri Terjemahan King James tersebut :

LUKAS 13:24 Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: “Berjuanglah untuk masuk melalui GERBANG yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

LUKAS 13:25 Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup PINTU, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok PINTU sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami PINTU! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang.

Lho? Ada apa ini? Apakah Yesus salah ngomong?? Ataukah Lukas salah menulis? Di ayat yg ke 24 Yesus menyuruh orang untuk berjuang masuk ke GERBANG; tapi selanjutnya di ayat yang ke 25 Yesus malah membicarakan tentang PINTU. Ok, sudah pasti Lukas tidak salah tulis…dan sudah pasti pula Yesus tidak salah ngomong. Sebelumnya kita lihat dulu background Ayat2 ini. Saat itu Yesus sedang dalam Perjalanan ke Yerusalem, sudah sangat umum ketika Yesus sedang berpergian akan ada 3 Kelompok yang berjalan mengikutinya; yaitu  :

  1. Murid-muridNya
  2. Sekumpulan orang
  3. Dan Para ahli  Taurat dan orang-orang Farisi

Dan dari 3 Kelompok orang tersebut sudah pasti sangat mengetahui Hukum Taurat yang memang ditujukan bagi orang2 Yahudi dan sangat hafal dengan Kitab-Kitab Taurat (khususnya para Ahli dan orang Farisi). Dan saat itu ada seorang dari Kelompok “sekumpulan orang yang bertanya kepada Yesus :

LUKAS 13:22-23 “Kemudian Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: “Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?””

Dan ketika Yesus menjawab sudah pasti Dia memposisikan diri-Nya ya sebagai orang Yahudi di tengah orang-orang Yahudi dan kesemuanya kenal dan paham tentang Adat Istiadat Yahudi dan Hukum Taurat. Maka Yesus menjawab pertanyaan orang itu dan kepada semua orang yang ada disitu :

LUKAS 13:24-25 (DIREVISI)” Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: “Berjuanglah untuk masuk melalui GERBANG yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup PINTU, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami PINTU! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. “

Ok, sekarang kembali lagi ke Pertanyaan kita; kenapa pada ayat yang ke 24 Yesus menyuruh orang untuk berjuang masuk ke GERBANG, dan selanjutnya pada ayat ke  25 Yesus tiba2 berbicara tentang PINTU?? Untuk  diperjelas, kembali lagi mari menafsirkan Alkitab dengan Alkitab. Karena saya, anda dan kami semua akan selalu mempuunyai kelemahan unttuk menafsirkan Alkitab. Tapi ada 1 sumber yang tidak akan pernah salah menafsirkan Alkitab; yaitu Alkitab itu sendiri. Biarkan Alkitab menafsirkan Alkitab. Di ayat 24 ketika Yesus berbicara tentang GERBANG, Yesus berbicara tentang Hukum Taurat. Mari kita  lihat kebenaran-Nya :

ULANGAN 16:18 “Hakim-hakim dan petugas-petugas haruslah kauangkat di segala tempat yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu, menurut suku-sukumu; mereka harus menghakimi bangsa itu dengan pengadilan yang adil. “

Lho? Mana kata GERBANG nya? Mana kata Taurat nya?? Heheheheehe….tenang Beloveds, seperti biasa…terjemahan Bahasa Indonesia kurang tepat. Mari kita lihat versi King james nya :

DEUTORONOMY 16:18 “You shall appoint judges and officers in all your GATES, which the LORD your God gives you, according to your tribes, and they shall judge the people with just judgment.”

Jadi pada jaman dahulu, semua orang yang diadili (berdasarkan hukum Taurat) semua proses pengadillan dan pemutusan hukuman dilakukan diluar Gerbang Kota. Beloveds dapat memperdalami kebenaran ini sendiri, semuanya tercatat di Alkitab. Seperti juga dapat kita lihat pada  kisah Ruth :

RUTH 4:1-2 Boas telah pergi ke pintu GERBANG dan duduk di sana. Kebetulan lewatlah penebus yang disebutkan Boas itu. Lalu berkatalah Boas: “Hai saudara, datanglah dahulu ke mari, duduklah di sini.” Maka datanglah ia, lalu duduk. Kemudian dipilihnyalah sepuluh orang dari para tua-tua kota itu, dan berkata: “Duduklah kamu di sini.” Maka duduklah mereka.

Saat itu Suami Ruth meninggal, dan menurut Adat, adik ipar laki2 dari Istri yang ditinggalkan dapat menikahi Kakak Ipar nya itu. Saat itu ada 2 orang “kontestan”, dan semuanya diselenggarakan dan diputuskan di luar GERBANG kota. Untuk memperdalami kebenarannya lagi silahkan Beloveds menelitinya di Alkitab Beloveds. Ok, jadi sudah jelas ya…bahwa yang Yesus maksudkan tentang GERBANG itu adalah HUKUM TAURAT. Yesus dengan lantang berbicara : “Berjuanglah untuk masuk melalui GERBANG yang sesak itu!” – Yesus menggambarkan bahwa bannyak sekali orang yang berjuang untuk memperoleh keselamatan melalui Hukum Taurat, namun kata Yesus : “Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat”. Tidak akan ada 1 orangpun yang dapat memperoleh Keselamatan melalui perjuangan-perjuangannya dalam Hukum Taurat. Dan selanjutnya di ayat 25 Yesus berbicara tentang PINTU. Sampai sini Beloveds pasti sudah menyadari bahwa PINTU itu adalah Yesus kristus sendiri, yaitu Kasih Karunia-Nya.

YOHANES 10:9 “Akulah PINTU; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.”

Didalam gambaran Yohanes 10:9 Yesus tidak memakai kata “berjuang”, Yesus hanya memakai kata “masuk”. Sebaliknya Yesus memakai kata BERJUANG apabila orang mau masuk ke Gerbang itu; karena sudah pasti apabila seseorang mau memperoleh keselamatan melalui perjuangannya pribadi dari hukum Taurat hasilnya adalah MUSTAHIL SELAMAT! Sebaliknya apabila ada orang yang mau menerima Keselamatan sebagai Hadiah yang Cuma-Cuma…kata Yesus “Silahkan, tinggal masuk saja” ^^ Lalu muncul pertanyaan, “Bro’, tapi itu di ayat 24-nya ada kelanjutannya…. Tuan, bukakanlah kami PINTU! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. – bagaimana itu maksudnya?” Kembali lagi ke Konteks, jangann maen catut ayat…dikatakan sebelumnya “Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu.” Good news Bro’, saat ini Pintu masih terbuka lebar  sekali…Beloveds tinggal masuk saja, tidak perlu lagi Beloveds berjuang untuk masuk melalui GERBANG itu…tidak perlu lagi Beloveds  berjuang untuk memperoleh keselamatan melalui Hukum Taurat. Tinggal masuk saja melalui Kristus. Terima hadiah keselamatan yang Dia sediakan melalui  Karya Salib yang sempurna dan Darah-nya yang luar biasa mahal. Amin, haleluya!

By Brother Ammpi Yehuda

4 thoughts on “BERJUANGLAH MASUK KE GERBANG ITU!!

  1. Luar biasa, sy merasa sangat diberkati skli..
    Teruslah menulis artikel2 ttg kasih karunia Tuhan Yesus yg sungguh luar biasa..
    Salam dari Ambon..
    Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai GBC bandung

Kami sangat ingin mendengar anda, GBu.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s