Yesus : Sebelum Umur 30 – PART 1

Yesus memulai Pelayanan-Nya di dunia mulai dari umur 30 tahun. Dulu saya sering dikasih tau; “Yesus sebelum umur 30 tahun Yesus itu menyiapkan dirinya dulu” atau “Yesus sedang mematikan daging-Nya” bahkan “Yesus sedang menyiapkan Roh-Nya”…semuanya itu terdengar #KEREN sih…tapi semua hal itu hanya bisa dicerna dengan iman saja…ada sedikit ketidak puasan didalam hati, namun terima-terima saja.

Sekarang mari kita gali lagi Alkitab, walaupun di Alkitab tidak tertulis secara gamblang apa yang Yesus alami sebelum umur 30 tahun, namun ada beberapa hal yang #TERSIRAT, tidak sepenuhnya #TERDIAM.

Untuk mendalaminya kita harus melihat Profesi Yesus dulu, yaitu Profesi Yesus di dunia yang tertulis gamblang di Alkitab. Lalu apa atau apa sajakah yang tertulis di Alkitab tentang Profesi Yesus?

1. TUKANG KAYU

Semua orang Kristen di dunia sudah sangat akrab dengan Profesi Yesus yang satu ini, dan bahkan di Alkitab pun tertulis bahwa Yesus adalah Tukang kayu, padahal Profesi ini hanya disebut 1 (SATU) kali didalam Alkitab; yaitu :

Mrk 6:3  Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?” Lalu mereka kecewa dan menolak Dia

Ok, Profesi Tukang Kayu ini hanya 1 (satu) kali disebut dalam Alkitab, namun seluruh orang Kristen bahkan seluruh manusia di Bumi umumnya tau Profesi yang satu ini. Namun Tukang Kayu di Mrk 6:3 ini apabila kita lihat Bahasa Asli-nya tidak serta merta Yesus itu hanyalah Tukang Kayu semata.

Dalam Tulisan Bahasa Aslinya (Yunani) Markus 6:3 itu adalah : tektōn

Lalu apakah tektōn itu? Dalam Bahasa Aslinya tektōn adalah : “an artificer (as producer of fabrics)” atau kalau yang kita kenal dalam bahasa kita sehari-hari adalah PRODUSEN. Produsen dalam hal apa? Dalam hal Building/Builder, yaitu bidang Konstruksi. Jadi pada saat itu seorang tektōn pada khususnya adalah orang yang dicari apabila seseorang mau membuat suatu bangunan besar atau kecil maupun membangun jembatan. Bahan-bahan apa saja yang di produksi oleh seorang tektōn? Yaitu : Batu-batuan, kayu-kayuan, dan bahkan segala jenis Logam bahkan Logam Mulia.

Bahkan Profesi tektōn ini adalah Profesi yang sudah sangat dikenal semenjak zaman Kitab Raja-Raja, apabila ada suatu bagian dari Bait Allah yang mau dibangun atau diperbaiki, seorang tektōn-lah yang mereka panggil. Bahkan dalam 2 Raja-Raja 12:11-12 urutan Pekerja saat itu sangat terdeskripsi dengan sangat baik (mohon maaf saya memakai Terjemahan King James supaya lebih jelas) :

2Rj 12:11 And they gave the money, being told, into the hands of them that did the work, that had the oversight of the house of the LORD: and they laid it out to the carpenters and builders, that wrought upon the house of the LORD,
2Rj 12:12 And to masons, and hewers of stone, and to buy timber and hewed stone to repair the breaches of the house of the LORD, and for all that was laid out for the house to repair it.

Berikut Susunan Kewenangan nya :

  1. they : Para Imam (baca ayat2 sebelumnya)
  2. them that did the work : Para Pekerja Bait Allah (Diaken)
  3. carpenters and builders : Ini letak Kewenangan tektōn
  4. masons, and hewers : Bagian ini adalah Pekerja Kasar nya

Bisa juga dilihat dalam Kitab Yesaya bagaimana Urutan Kewenangan Pekerja yang sedang membangun sesuatu saat itu (KJV) :

Yes 41:7  So the carpenter (chârâsh/tektōn) encouraged the goldsmith, and he that smootheth with the hammer him that smote the anvil, saying, It is ready for the sodering: and he fastened it with nails, that it should not be moved.

Ok, dalam Kitab Yesaya jelas, bahwa dalam suatu proyek seorang carpenter (chârâsh/tektōn) itu tidak melakukan Pekerjaan Kasar…dia hanya meng-encouraged (mendukung/mendesak) para Pekerja Kasar supaya Pekerjaan mereka berjalan dengan baik dan berhasil sesuai ketentuan/perjanjian Kerja Sama yang berlaku.

Sip, udah jelas ya? Bahwa sebelum umur 30 tahun bahwa benar adanya Yesus bekerja. Dan Yesus bukanlah seorang Buruh Kasar atau sekedar Tukang Kayu, Yesus adalah seorang Tektōn, seorang Boss!! Pemilik suatu Perusahaan yang saya yakini sangat terkemuka saat itu bersama Yusuf dan Saudara-Saudara-Nya.

Namun ada 1 (satu) lagi Profesi Yesus yang tersirat di Alkitab. Selanjutnya dalam :

Yesus : Sebelum Umur 30 – PART 2

https://bandunggrace.wordpress.com/2014/06/08/kasih-karunia-66/ 

By MIMIN

4 thoughts on “Yesus : Sebelum Umur 30 – PART 1

  1. Pingback: Yesus : Sebelum Umur 30 – PART 2 | GBC

Kami sangat ingin mendengar anda, GBu.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s